Laman

Lebih baik membaca bacaan 1 halaman tapi memiliki makna tersirat yang bisa dituangkan dalam 100 halaman daripada membaca bacaan 100 halaman tapi hanya memiliki makna kurang lebih 1 halaman

Senin, 02 Januari 2012

LICHEN

Walaupun judul post kali ini seperti SubBab pada pelajaran biologi, percayalah kalau post ini tidak seperti materi pada buku-buku biologi kalian. Keep read this guys :D

31 Desember 2011, saat itu aku dan keluargaku pergi keliling Sumatera Barat. Tujuan pertama kami yaitu ke Kabupaten Solok, di daerah yang dimana terdapat banyak kebun teh. Aku turun dari mobil, hal pertama yang kurasakan adalah udara yang benar-benar sejuk, walaupun pada saat itu sinar matahari cukup menyilaukan, tapi udara disana tetap dingin.

Udara disana dingin, jadi hal yang kupikirkan adalah udaranya bersih, jika udaranya bersih maka daerah disana bebas dari polutan udara, dan jika daerah tersebut bebas dari polutan maka di daerah tersebut pasti banyak akan populasi lichen. Yah, kira-kira begitulah kronologinya mengapa aku jadi terpikir akan lichen ._.

Mungkin dari beberapa blogger ada yang masih bingung dengan apa yang dimaksud dengan lichen.
"Lichen merupakan bentuk simbiosis mutualisme antara organisme fotosintetik (alga biru atau sianobakteri) dan jamur." Lichen terbagi atas tiga jenis yaitu:
a. Krustose, berupa lapisan tipis yang menutupi substrat
b. Fruitikose, berupa anyaman dari cabang-cabang pipih atau melingkar
c. Foliose, berbentuk seperti daun yang keras
s̶u̶m̶b̶e̶r̶:̶ ̶b̶u̶k̶u̶ ̶B̶i̶o̶l̶o̶g̶i̶ ̶B̶i̶l̶i̶n̶g̶u̶a̶l̶ ̶y̶u̶d̶i̶s̶t̶i̶r̶a̶ ̶k̶e̶l̶a̶s̶ ̶X̶. -__-

Baiklah jika tulisan diatas tadi dilanjutkan maka postingan ini benar-benar akan menjadi buku catatan Biologi versi Blog nya .__.

Lanjut...
Jadi saat aku turun dari mobil  dan aku langsung menuju ke hamparan kebun teh nan hijau, pemandangan disana benar-benar memanjakan mata.


entah mengapa saya jadi terlihat lebih keren dari foto ini :-|

pada saat aku di hamparan kebun teh tersebut. Hal yang kupikirkan adalah "lichen-lichen, dimanakah engkau???"

 mencari lichen


 turun sedikit kebawah


hap! mulailah pencarian lichen di sini





maaf jika kurang tajem fotonya, soalnya cuma pakai kamera 4mp :-|

Lagi asik-asiknya hunting lichen eh gak sengaja menemukan ulat bulu lagi gelantungan...

dan tahukah kalian butuh berapa kali capture agar mendapatkan gambar di atas yang bisa dibilang s̶e̶m̶p̶u̶r̶n̶a̶ lumayanlah???  
2 + 625 : 25 : 5 : 5 x 3 = .... kali (ingat kabataku ._.)
kendala dalam mengambil gambar ini adalah kamera yang aku miliki waktu itu tidak memiliki kecepatan mengambil yang terlalu bagus, karena pada saat itu angin pun juga berhembus lumayan kencang, kalian bisa bayangkan bagaimana sulitnya mengambil gambar dari makhluk kecil ini sambil bergantungan dengan frekuensi yang cepat.

Setelah cukup puas berada di kebun teh tersebut, aku melanjutkan perjalanan ke "danau kembar". disana pun aku juga bisa menemukan lichen.


 
Lichen diatas ini termasuk jenis Foliose.

 Okeh, sekian... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar