Laman

Lebih baik membaca bacaan 1 halaman tapi memiliki makna tersirat yang bisa dituangkan dalam 100 halaman daripada membaca bacaan 100 halaman tapi hanya memiliki makna kurang lebih 1 halaman

Selasa, 27 Desember 2011

Pengamen

Pada suatu malam, pada saat itu aku bersama keluargaku pergi makan malam di sebuah tempat makan "pecel lele". Sesampai disana aku melihat suasana tempat makan yang cukup ramai, tapi untungnya ada tempat untuk kami. Lalu aku memesan "ayam" dan orangtuaku serta adik perempuanku memesan "lele".

Saat menunggu pesanannya datang, aku tertuju pada seorang pengamen yang bernyanyi sambil memainkan gitarnya. Awalnya aku tidak terlalu memperhatikannya, walau memang pengamen tersebut sudah ada sebelum kami datang. Si pengamen tersebut bernyanyi dengan semangatnya, merdu dan selalu pas dengan suara gitar yang ia mainkan.
  
Di setiap ia akan memainkan sebuah lagu,  si pengamen tersebut selalu seakan-akan menceritakan maksud ia menyanyikan lagu tersebut kepada para pelanggan yang makan di tempat makan tersebut. Contohnya pada saat ia akan menyanyikan lagu "Jaso Mande" (artinya: jasa Ibu, salah satu lagu daerah Minangkabau). Lagu itu menceritakan tentang perjuangan seorang ibu pada saat mengandung dan melahirkan anaknya. Si pengamen tersebut berkata "semoga lagu ini bisa mengobati rasa rindu bapak-bapak dan ibu-ibu kepada anak-anaknya".

Pesanan kami sudah datang, dan kami mulai menikmati pesanan masing-masing. Disaat itu, si pengamen mennyanyikan lagu ketiganya, ia membawakan lagu Slank- Kamu harus Pulang, sebagai lagu penutup. Entah mengapa aku merasa terhibur dan puas ketika mendengar si pengamen tersebut menyanyikan lagu tersebut.

Setelah ia menyanyikan lagu itu, orangtuaku mengeluarkan uang dan memberikannya kepada pengamen tersebut (jumlah uangnya tidak perlu disebutkan, nanti jadinya perbuatan "riya") dan pengamen tersebut tidak lupa mengatakan "makasih buk"

Setelah ia menerima uang dari orang-orang yang ada di tempat makan tersebut, ia tidak lupa mengucapkan termakasih dan ucapan pamit. Lalu ia pergi ke trotoar jalan dan hilang ditelan kegelapan malam. Pada saat itu aku hanya bisa berharap semoga ia sukses dan mendapatkan tawaran rekaman.

APP, 27 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar