Laman

Lebih baik membaca bacaan 1 halaman tapi memiliki makna tersirat yang bisa dituangkan dalam 100 halaman daripada membaca bacaan 100 halaman tapi hanya memiliki makna kurang lebih 1 halaman

Sabtu, 02 April 2011

Senjata pembunuh massal, indah sekaligus mengerikan

kali ini saya akan ngebahas tentang senjata-senjata pembunuh massal, walau dampak-nya sungguh mengerikan tapi juga memiliki nilai keindahan pada saat penggunaan-nya, berikut ini yang akan para blogger liat bukan yang ada pada film atau cerita, but its REAL..:

1. Bom Cluster

Bom cluster atau bom tandan atau bom curah adalah bom yang memiliki mekanisme unik dimana setelah diluncurkan dari pesawat tempur atau bomber, bom akan pecah menjadi ratusan bom kecil berupa kaleng.



Pada awalnya , bom ini digunakan untuk menghancurkan landasan pacu udara dan membuyarkan atau membubarkan konsentrasi pasukan militer darat yang sedang berkonvoi. Diproduksi diberbagai negara besar contohnya : Amerika Serikat dengan diberi nama CBU ( Cluster Bomb Units ) dan Excalibur. Namun di Perancis ini diberi nama Belouga.
  
secara efektif bom ini pernah digunakan dalam perang Iraq, Afganistan dan perang arab-israel. Dan baru-baru ni juga digunakan saat kerusuhan di Libya.




2. Bomb Fosfor Putih

sebelumnya para blogger harus tau apa itu "Fosfor"..??
Fosfor merupakan sebuah unsur yang berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu “phosphoros “. Ditemukan pada tahun 1669, ada dalam bentuk allotropic berwarna putih (atau kuning), merah, dan hitam (atau violet). Biasanya fosfor dijumpai dalam bentuk lilin putih yang padat, dalam bentuk aslinya fosfor tidak berwarna dan transparant.


Tujuan utama penggunaan bom Fosfor ini adalah sebagai tanda bagi pasukan dimalam hari dan untuk tujuan pembakaran atau bom. 

sebenarnya penggunaan bom ini sudah dilakukan saat PD I...

Saat bersentuhan dengan udara terbuka bom ini akan menyala dan beroksidasi menjadi phosphorus pentoxide. Panas yang dihasilkan akibat reaksi ini meledak menjadi nyala api kuning dan menghasilkan asap putih yang tebal.



BEBERAPA FAKTA TENTANG BOM FOSFOR:

* Fosfor putih bisa mengakibatkan layar asap kimia yang dapat membakar kulit hingga ke tulang
* Bahan kimia ini bereaksi cepat ketika terpapar oksigen dengan memercik dalam api oranye tua
* Dalam perang, materi ini sering digunakan sebagai layar asap penghalau pandangan, namun dapat juga digunakan sebagai pembakar yang mengakibatkan luka fatal
* Luka bakar akibat fosfor selalu pada stadium dua atau tiga karena partikel tersebut tetap tidak berhenti terbakar dan menyala meski telah kontak dengan kulit, hingga benar-benar habis. Itu kadang tidak disadari hingga akhirnya luka telah mencapai tulang.
* Konvensi Jenewa telah melarang penggunaan fosfor sebagai senjata ofensif terhadap warga sipil, namun menggunakan sebagai layar asap penghalau pandangan tidak dilarang dalam hukum internasional
* Israel sebelumnya telah menggunakan fosfor putih ketika perang dengan Libanon pada 2006.
* Meski telah ditetapkan oleh Konvensi Jenewa, materi ini berkali-kali tetap digunakan, khususnya oleh pasukan Inggris dan AS dalam invasi terhadap Irak pada 2003. Penggunaan itu pun menua kritik keras dari belahan dunia, namun tak begitu dihiraukan oleh keduanya.

Foto-foto penggunaan bom Fosfor:


sumber gambar: Google
sumber: 
http://www.jpnn.com/index.php?mib=berita.detail&id=57364
http://www.jeffersoncorner.com/wp-content/uploads/2007/10/jaguar_cluster-bomb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar