Laman

Lebih baik membaca bacaan 1 halaman tapi memiliki makna tersirat yang bisa dituangkan dalam 100 halaman daripada membaca bacaan 100 halaman tapi hanya memiliki makna kurang lebih 1 halaman

Minggu, 10 April 2011

Keindahan dari Dandelion


hai para blogger.. kali ini saya ingin membahas mengenai tumbuhan yang mungkin saja para blogger pernah mendengarnya, yaitu Dandelion.

menurut wikipedia:
Dandelion (Taraxacum officinale) atau biasa di sebut Randa Tapak adalah bagian dari Taraxacum, sebuah genus besar dalam keluarga Asteraceae. Nama Randa Tapak sendiri biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki "bunga" yang memiliki "bunga-bunga" kecil yang terbang ditiup angin. Asal asli dari tumbuhan ini adalah Eropa dan Asia, namun sudah menyebar ke segala tempat. Yang disebut sebagai bunga dari tumbuhan ini menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya.

penampakan:


Dandelion sebenarnya memiliki warna asli kuning saat bunganya mekar, jadi yang sering para blogger lihat itu kan ada warna-warna putih gitu, ternyata itu biji-bijinya. 
Sebelumnya mari kita lihat penampakan dandelion yang mekar:


tadi lagi nge-goggling ketemu yang beginian:
mungkin ini alasan nama dandelion ada LION-nya.. hehe..
Dandelion memiliki daun 5-25 cm atau lebih, sederhana dan basal, membentuk roset di atas akar pusat. Kepala bunga berwarna kuning ke oranye berwarna, dan terbuka di siang hari namun di malam hari tertutup.  kepala bunga ditahan dengan batang tunggal berongga yang panjangnya 1-10 cm.


Sebuah  kepala bunga dandelion terdiri dari ratusan kuntum biji yang lebih kecil dan kepala biji. Bunga kepala tumbuh menjadi seperti bola yang mengandung buah tunggal-unggulan banyak disebut achenes . Setiap achene terpasang ke Pappus dari bulu-bulu halus, yang memungkinkan-dibantu penyebaran angin jarak jauh.
 

 lalu ada yang mengatakan jika kita menghembuskan bunga-bunga biji dandelion sambil memikirkan keinginan kita, maka keinginan kita bisa terkabul, yaaa namanya manusia jika melihat hal-hal yang menakjubkan pasti dikait-kaitkan dengan yang mistis-mistis.. :D

tapi memang iya, Dandelion ini memang indah banget, membuat siapapun yang melihatnya akan tenang jiwa dan raga, hehe.. 

 

 Antara Pappus dan achene, ada tangkai yang disebut paruh, yang memanjang sebagai buah matang. paruh ini cukup mudah, memisahkan benih dari parasut jika ditiup oleh angin.

penampakan lepasnya bunga-bunga biji dari kepala biji dandelion:

penampakan kumpulan-kumpulan dandelion, keindahan yang memanjakan mata:


sumber: wikipedia
image: google

1 komentar: